Saturday, 13 February 2016

STRATEGI MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA

        Kemampuan berbicara anak bervariasi ada yang lancar, sedang dan kurang (gugup). Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk mengatasi hal ini. Keterampilan latihan berbicara secara kontinu dan sistematis dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Dengan kata lain setiap anak harus diberi kesempatan berbicara ketika di kelas, khususnya bagi yang keterampilan berbicaranya kurang. Semakin kurang terampil anak berbicara harus semakin sering melatihnya untuk berbicara. Untuk melatih keterampilan berbicara anak, perlu disediakannya berbagai kegiatan yang menunjang dan mampu mengembangkan kemampuan berbicara anak.
        Kegiatan-kegiatan untuk melatih keterampilan berbicara diantaranya :
1.        Menyajikan informasi
Setiap anak dilatih untuk memberikan informasi di hadapan teman-temannya. Bentuk penyajian informasi tersebut bisa dilakukan dengan menyampaikan laporan lisan dan berpidato.
2.        Berpartisipasi dalam diskusi
Jika dibandingkan dengan pidato dan laporan lisan, kegiatan diskusi lebih sering digunakan dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak. Selain mengembangkan keterampilan berbicara diskusi juga menuntut anak untuk mampu mengeluarkan ide dan gagasan mereka secara langsung.
3.        Menyajikan pertunjukan yang menghibur
Menyajikan pertunjukan yang menghibur bisa dilakukan melalui kegiatan bercerita dan bermain peran.
       Seorang guru harus mengetahui bermacam-macam metode dalam pengajaran berbicara sehingga pengajaran keterampilan berbicara bisa lebih kreatif da menyenangkan. Tidak hanya itu seorang guru harus kaya pengalaman dengan metode pengajaran berbicara. 
      Hal tersebut sejalan dengan pendapat Djago Tarigan (dalam Djuanda, 2008) bahwa ada beberapa metode pengajaran berbicara yaitu ucap - ulang, lihat – ucapkan, memerikan, menjawab pertanyaan, bertanya, pertanyaan menggali, melanjutkan, menceritakan kembali, percakapan, parafrase, reka cerita gambar, bermain peran, wawancara dan memperlihatkan dan bercerita (show and tell).

Daftar Pustaka
Djuanda, D. (2008). Pembelajaran Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Sumedang: pustaka latifah.
Tarigan, D. dkk. (1997). Pengembangan Keterampilan Berbicara . Jakarta: Depdikbud.
 



0 komentar:

Post a Comment