Kemampuan berbicara anak
bervariasi ada yang lancar, sedang dan kurang (gugup). Oleh karena itu perlu
adanya upaya untuk mengatasi hal ini. Keterampilan latihan berbicara secara
kontinu dan sistematis dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Dengan kata
lain setiap anak harus diberi kesempatan berbicara ketika di kelas, khususnya
bagi yang keterampilan berbicaranya kurang. Semakin kurang terampil anak
berbicara harus semakin sering melatihnya untuk berbicara. Untuk melatih
keterampilan berbicara anak, perlu disediakannya berbagai kegiatan yang
menunjang dan mampu mengembangkan kemampuan berbicara anak.
Kegiatan-kegiatan
untuk melatih keterampilan berbicara diantaranya :
1.
Menyajikan informasi
Setiap
anak dilatih untuk memberikan informasi di hadapan teman-temannya. Bentuk
penyajian informasi tersebut bisa dilakukan dengan menyampaikan laporan lisan
dan berpidato.
2.
Berpartisipasi dalam diskusi
Jika dibandingkan dengan
pidato dan laporan lisan, kegiatan diskusi lebih sering digunakan dalam
mengembangkan keterampilan berbicara anak. Selain mengembangkan keterampilan
berbicara diskusi juga menuntut anak untuk mampu mengeluarkan ide dan gagasan
mereka secara langsung.
3.
Menyajikan pertunjukan yang
menghibur
Menyajikan
pertunjukan yang menghibur bisa dilakukan melalui kegiatan bercerita dan
bermain peran.
Seorang guru harus mengetahui
bermacam-macam metode dalam pengajaran berbicara sehingga pengajaran
keterampilan berbicara bisa lebih kreatif da menyenangkan. Tidak hanya itu
seorang guru harus kaya pengalaman dengan metode pengajaran berbicara.
Hal
tersebut
sejalan dengan pendapat Djago Tarigan (dalam Djuanda, 2008) bahwa ada
beberapa metode pengajaran berbicara yaitu ucap - ulang, lihat
– ucapkan, memerikan, menjawab pertanyaan, bertanya, pertanyaan
menggali,
melanjutkan, menceritakan kembali, percakapan, parafrase, reka cerita
gambar,
bermain peran, wawancara dan memperlihatkan dan bercerita (show and
tell).
Daftar Pustaka
Djuanda, D. (2008). Pembelajaran Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Sumedang: pustaka
latifah.
Tarigan, D. dkk. (1997). Pengembangan Keterampilan Berbicara . Jakarta: Depdikbud.
0 komentar:
Post a Comment