Sunday, 17 May 2015

MEDIA PEMBELAJARAN TIANG TAMBAH RANTAI MAKANAN DAN JARING-JARING MAKANAN MATA PELAJARAN IPA UNTUK KELAS IV

MEDIA PEMBELAJARAN
TIANG TAMBAH RANTAI MAKANAN DAN JARING-JARING MAKANAN
MATA PELAJARAN IPA UNTUK KELAS IV

Diajukan Untuk  Memenuhi Salah Satu Tugas Dari Dosen
Mata Kuliah Media Pembelajaran


Disusun Oleh :

Dede Ahmad Sobandi
Irma Nopianti
Mentari Pratiwi

Khujah Iis Farsyafat


PROGRAM S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
KAMPUS SUMEDANG
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2012

A.      Latar  Belakang
Di dalam proses belajar mengajar siswa sering menjadi sasaran ketika pembelajaran tidak memenuhi target seperti yang diinginkan. Sering terjadi seorang guru tidak kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran. Mereka mengandalkan metode ceramah yang sangat membosankan sehingga tidak terjadi proses belajar mengajar yang menarik dan menyenangkan di dalam kelas. Akibat dari semua itu sering terjadi seorang siswa mengalami kejenuhan di dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas.
Salah satu cara untuk mengatasi masalah di atas dan meningkatkan belajar siswa adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran. Dengan memanfaatkan media tersebut proses belajar mengajar di kelas menjadi menarik dan menyenangkan.
Menurut Trisnawati (Djamarah, 2006: 120), kata “ media ” berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “ medium ”, yang secara harfiah berarti “ perantara atau pengantar ”. Dengan demikian, media merupakan wahana penyalur informasi belajar atau penyalur pesan. Media adalah sumber belajar, yang secara luas media dapat diartikan dengan manusia, benda ataupun peristiwa yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Dengan adanya media siswa lebih mudah menerima dan memahami materi atau bahan pembelajaran daripada tanpa adanya media.
Pada mata pelajaran IPA di kelas IV terdapat bahasan mengenai rantai dan jaring-jaring makanan. Jika dalam menyampaikan materi tersebut guru hanya mengandalkan metode ceramah, tanpa adanya media pembelajaran, kemungkinan besar siswa akan merasa jenuh. Oleh karena itu kelompok kami tertarik untuk membuat media pembelajaran untuk mata pelajaran IPA kelas IV yang berjudul “Tiang jemuran Rantai makanan dan Jaring-jaring makanan”.
B.       Tujuan
Tujuan pembuatan media pembelajaran “Tiang Tambah Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan”, yaitu:
1.      Mempermudah guru untuk mejelaskan materi tentang Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan.
2.      Agar anak lebih bisa berfikir konkrit mengenai materi Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan.
3.      Memperluas pengetahuan siswa tentang materi Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan.



C.      Alat dan Bahan
1.        Alat :
a.       Gunting
b.      Cutter
c.       Penggaris
d.      Palu
e.       Garagaji
2.      Bahan :
a.       Dua buah balok kayu
b.      Satu buah papan
c.       Enam buah paku
d.       kardus bekas
e.       Solatip hitam
f.       Doebletape
g.      Lem
h.      Dua buah plastik mika
i.        Satu meter kawat
j.        Gambar

D.      Cara Kerja
1.        Cara membuat Tiang Tambah Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan :
a.         Menyediakan alat dan bahan, menyediakan 2 buah kayu berukuran 40 cm dan 60 cm serta satu papan untuk alas
b.         Memasang paku di bagian tengah, kayu yang berukuran 40 cm di atas dan yang berukuran 60 cm di bawah. Sehingga menyerupai simbol tambah.
c.         Menyambung salah satu ujung kayu yang berukuran 60 cm diatas papan dengan menggunakan paku.
d.        Mengecat kayu dan papan yang sudah jadi
e.         Menyambung keempat ujung jayu dengan menggunakan benang kasur. Sehingga menyerupai layang-layang.
2.        Cara membuat bingkai gambar :
a.         Menyediakan kardus bekas
b.         Mangukur kardus dengan ukuran 17 cm x 10,5 cm
c.         Memotong kardus yang sudah diukur dengan gunting
d.        Memberi dua Lubang kecil ditengah kardus yang sudah dipotong
e.         Menggunting plastik mika dengan ukuran 12 cm x 10,5 cm
f.          Menempel doebletape disisi samping dan bawah potongan kardus
g.         Menempelkan plastik mika  yang sudah diukur dengan doebletape di atas potongan kardus
h.         Menempel Solatip disisi samping dan bawah kardus yang sudah ditempelkan plastik mika
i.           Bingkai siap ditempel dan digunakan
3.        Cara membuat kartu Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan :
a.         Memotong kardus dengan ukuran 7 cm x 5 cm
b.         Menempel gambar diatas kardus
c.         Melapisi kardus yang sudah ditempel gambar dengan plastik

E.       Cara Penggunaan Media
1.        Cara menggunakan media Tiang Tambah Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan ini adalah sebagai berikut :
a.         Siswa dan guru memilih kartu yang berisi gambar
b.         Siswa dan guru memasukan kartu Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan ke dalam bingkai yang sudah tertempel di Tiang Tambah Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan sesuai dengan tempatnya.
2.        Cara menggunakan media kartu Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan adalah sebagai berikut :
a.       Siswa memilih kartu yang berisi gambar
b.      Siswa menempelkan diatas tempat yang sudah disediakan guru

F.       Kelebihan dan Kekurangan Media
1.        Kelebihan dari media ini :
a.         Dengan menggunakan media ini pembelajaran dapat berjalan dengan menarik dan bermakna
b.         Mempermudah peserta didik untuk mengetahui tentang rantai makanan dan jaring-jaring makanan
c.         Media ini jika dirawat dengan baik tidak mudah rusak karena menggunakan kayu
d.        Media ini jika dirawat dengan baik idak mudah berjamur karena dicat
e.         Media ini dapat dibuat dengan memanfaatkan barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan
2.        Kekurangan dari media ini :
a.         Media ini terbatas dalam menentukan untuk membentuk rantai makanan dan jaring-jaring makanan
b.         Media ini tidak mudah bertahan dalam jangka waktu yang lama jika tidak dirawat dengan baik
c.         Media ini mudah terbakar dan rusak terkena air

F. Skenario Pembelajaran
Kegiatan Inti :
1.        Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang Rantai makanan.
2.        Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang jaring-jaring makanan.
3.        Siswa dan guru m elakukan tanya jawab.
4.        Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari empat siswa dipilih secara heterogen.
5.        Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai cara mengerjakan LKS.
6.        Setiap kelompok dibagi satu papan dan seperangkat kartu gambar dan LKS.
7.        Setiap kelompok menyusun kartu gambar membentuk beberapa rantai makanan dan menempelkannya pada papan yang sudah disediakan. Kelompok yang paling cepat menyelesaikna menjadi pemenangnya.
8.        Setiap kelompok mendiskusikan LKS
9.        Setiap kelompok mengumpulkan LKS
10.    Siswa dan guru membahas hasil LKS masing-masing kelompok
11.    Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran

G. Cara Perawatan
Hal-hal yang dapat dilakukan dalam menjaga, merawat, dan memelihara media ini :
a.       Simpan ditempat yang aman
b.      Bersihkan media dengan Lap basah atau kering
c.       Hindari dari air karena media terbuat dari kardus sehingga akan mudah rusak jika terkena air

d.      Hindari dari api karna media terbuat dari kayu dan kardus yang mudah terbakar.