MEDIA PEMBELAJARAN
TIANG TAMBAH RANTAI
MAKANAN DAN JARING-JARING MAKANAN
MATA PELAJARAN IPA UNTUK KELAS IV
Diajukan Untuk
Memenuhi Salah Satu Tugas Dari Dosen
Disusun Oleh :
Dede Ahmad Sobandi
Irma Nopianti
Mentari
Pratiwi
Khujah Iis
Farsyafat
PROGRAM S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
KAMPUS SUMEDANG
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2012
A.
Latar Belakang
Di dalam proses belajar mengajar
siswa sering menjadi sasaran ketika
pembelajaran tidak memenuhi target seperti yang diinginkan. Sering terjadi
seorang guru tidak kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran. Mereka mengandalkan metode ceramah yang sangat
membosankan sehingga tidak terjadi proses belajar mengajar yang menarik dan
menyenangkan di dalam kelas. Akibat dari semua itu sering terjadi seorang siswa
mengalami kejenuhan di dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas.
Salah satu cara untuk mengatasi
masalah di atas dan meningkatkan belajar siswa adalah dengan memanfaatkan media
pembelajaran. Dengan memanfaatkan media tersebut proses belajar mengajar di
kelas menjadi menarik dan menyenangkan.
Menurut
Trisnawati (Djamarah, 2006: 120), kata “ media ” berasal dari bahasa Latin dan
merupakan bentuk jamak dari kata “ medium ”, yang secara harfiah berarti “
perantara atau pengantar ”. Dengan demikian, media merupakan wahana penyalur
informasi belajar atau penyalur pesan. Media adalah sumber belajar, yang secara
luas media dapat diartikan dengan manusia, benda ataupun peristiwa yang
memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Dengan adanya media
siswa lebih mudah menerima dan memahami materi atau bahan pembelajaran daripada
tanpa adanya media.
Pada
mata pelajaran IPA di kelas IV terdapat bahasan mengenai rantai dan
jaring-jaring makanan. Jika dalam menyampaikan materi tersebut guru hanya
mengandalkan metode ceramah, tanpa adanya media pembelajaran, kemungkinan besar
siswa akan merasa jenuh. Oleh karena itu kelompok kami tertarik untuk membuat
media pembelajaran untuk mata pelajaran IPA kelas IV yang berjudul “Tiang
jemuran Rantai makanan dan Jaring-jaring makanan”.
B.
Tujuan
Tujuan pembuatan media pembelajaran “Tiang Tambah Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan”,
yaitu:
1. Mempermudah
guru untuk mejelaskan materi tentang Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan.
2. Agar
anak lebih bisa berfikir konkrit mengenai materi Rantai Makanan dan
Jaring-jaring Makanan.
3. Memperluas
pengetahuan siswa tentang materi Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan.
1.
Alat :
a. Gunting
b. Cutter
c. Penggaris
d. Palu
e. Garagaji
2. Bahan
:
a.
Dua buah balok kayu
b.
Satu buah papan
c.
Enam buah paku
d.
kardus bekas
e.
Solatip hitam
f.
Doebletape
g.
Lem
h.
Dua buah plastik mika
i.
Satu meter kawat
j.
Gambar
D.
Cara
Kerja
1.
Cara membuat Tiang
Tambah Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan :
a.
Menyediakan alat dan
bahan, menyediakan 2 buah kayu berukuran 40 cm dan 60 cm serta satu papan untuk
alas
b.
Memasang paku di bagian
tengah, kayu yang berukuran 40 cm di atas dan yang berukuran 60 cm di bawah.
Sehingga menyerupai simbol tambah.
c.
Menyambung salah satu
ujung kayu yang berukuran 60 cm diatas papan dengan menggunakan paku.
d.
Mengecat kayu dan papan
yang sudah jadi
e.
Menyambung keempat
ujung jayu dengan menggunakan benang kasur. Sehingga menyerupai layang-layang.
2.
Cara membuat bingkai
gambar :
a.
Menyediakan kardus
bekas
b.
Mangukur kardus dengan
ukuran 17 cm x 10,5 cm
c.
Memotong kardus yang
sudah diukur dengan gunting
d.
Memberi dua Lubang
kecil ditengah kardus yang sudah dipotong
e.
Menggunting plastik
mika dengan ukuran 12 cm x 10,5 cm
f.
Menempel doebletape
disisi samping dan bawah potongan kardus
g.
Menempelkan plastik
mika yang sudah diukur dengan doebletape
di atas potongan kardus
h.
Menempel Solatip disisi
samping dan bawah kardus yang sudah ditempelkan plastik mika
i.
Bingkai siap ditempel
dan digunakan
3.
Cara membuat
kartu Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan :
a.
Memotong kardus dengan
ukuran 7 cm x 5 cm
b.
Menempel gambar diatas
kardus
c.
Melapisi kardus yang
sudah ditempel gambar dengan plastik
E.
Cara Penggunaan Media
1.
Cara menggunakan media Tiang
Tambah Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan ini adalah sebagai berikut :
a.
Siswa dan guru memilih
kartu yang berisi gambar
b.
Siswa dan guru
memasukan kartu Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan ke dalam bingkai yang
sudah tertempel di Tiang Tambah Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan sesuai
dengan tempatnya.
2.
Cara menggunakan media kartu
Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan adalah sebagai berikut :
a. Siswa
memilih kartu yang berisi gambar
b. Siswa
menempelkan diatas tempat yang sudah disediakan guru
F.
Kelebihan dan Kekurangan Media
1.
Kelebihan dari
media ini :
a.
Dengan menggunakan
media ini pembelajaran dapat berjalan dengan menarik dan bermakna
b.
Mempermudah peserta
didik untuk mengetahui tentang rantai makanan dan jaring-jaring makanan
c.
Media ini jika dirawat dengan
baik tidak mudah rusak karena menggunakan kayu
d.
Media ini jika dirawat
dengan baik idak mudah berjamur karena dicat
e.
Media ini dapat dibuat
dengan memanfaatkan barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan
2.
Kekurangan dari media
ini :
a.
Media ini terbatas
dalam menentukan untuk membentuk rantai makanan dan jaring-jaring makanan
b.
Media ini tidak mudah
bertahan dalam jangka waktu yang lama jika tidak dirawat dengan baik
c.
Media ini mudah
terbakar dan rusak terkena air
F. Skenario Pembelajaran
Kegiatan Inti
:
1.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang Rantai makanan.
2.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang jaring-jaring makanan.
3.
Siswa dan guru m
elakukan tanya jawab.
4.
Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari empat siswa dipilih secara
heterogen.
5.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru mengenai cara mengerjakan LKS.
6.
Setiap kelompok dibagi
satu papan dan seperangkat kartu gambar dan LKS.
7.
Setiap kelompok
menyusun kartu gambar membentuk beberapa rantai makanan dan menempelkannya pada
papan yang sudah disediakan. Kelompok yang paling cepat menyelesaikna menjadi
pemenangnya.
8.
Setiap kelompok
mendiskusikan LKS
9.
Setiap kelompok
mengumpulkan LKS
10. Siswa
dan guru membahas hasil LKS masing-masing kelompok
11. Siswa
dan guru menyimpulkan pembelajaran
G. Cara Perawatan
Hal-hal yang
dapat dilakukan dalam menjaga, merawat, dan memelihara media ini :
a. Simpan
ditempat yang aman
b. Bersihkan
media dengan Lap basah atau kering
c. Hindari
dari air karena media terbuat dari kardus sehingga akan mudah rusak jika
terkena air
d. Hindari
dari api karna media terbuat dari kayu dan kardus yang mudah terbakar.